Menu Wajib Lebaran

Cara Gampang Menyiapkan Lontong daun anti gagal untuk pemula, no ribet, hemat gas, cepet mateng, hasil mantap. Masha Allah, Menggugah Selera

Lontong daun anti gagal untuk pemula, no ribet, hemat gas, cepet mateng, hasil mantap. Masha Allah.

Lontong daun anti gagal untuk pemula, no ribet, hemat gas, cepet mateng, hasil mantap. Masha Allah

Bingung mencari aneka resep lontong daun anti gagal untuk pemula, no ribet, hemat gas, cepet mateng, hasil mantap. masha allah yang enak? Cara menyajikannya memang susah-susah gampang. Andaikan keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal lontong daun anti gagal untuk pemula, no ribet, hemat gas, cepet mateng, hasil mantap. masha allah yang unik harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari lontong daun anti gagal untuk pemula, no ribet, hemat gas, cepet mateng, hasil mantap. masha allah, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan lontong daun anti gagal untuk pemula, no ribet, hemat gas, cepet mateng, hasil mantap. masha allah enak di rumah, karena kalau sudah tahu caranya maka menu ini mampu menjadi santapan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat lontong daun anti gagal untuk pemula, no ribet, hemat gas, cepet mateng, hasil mantap. masha allah yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Lontong daun anti gagal untuk pemula, no ribet, hemat gas, cepet mateng, hasil mantap. Masha Allah memakai 3 jenis bahan dan 14 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Lontong daun anti gagal untuk pemula, no ribet, hemat gas, cepet mateng, hasil mantap. Masha Allah:

  1. Sediakan 2 gelas Beras.
  2. Siapkan Air matang 2 gelas setengah (gelas yg sama utk naker beras)+100 ml air lagi. Klo mau bikin lebih banyak tinggal dilipatkan saja ukurannya ya bund berdasarkan resep.
  3. Gunakan Daun pisang 2 ribu.

Langkah-langkah menyiapkan Lontong daun anti gagal untuk pemula, no ribet, hemat gas, cepet mateng, hasil mantap. Masha Allah:

  1. Masak nasi di magic com seperti masak nasi normal. Beras apa aja bisa. Asal paham kondisi beras (perak atau pulen) 1️⃣ Kalo beras pulen, ukuran air seperti masak nasi normal + ditambah lagi 100ml air. 2️⃣ Kalo beras perak, ukuran air seperti masak nasi nasi normal + tambahin kira2 150 ml air lg.
  2. Misal klo saya masak 2 gelas beras (pake takeran gelas biar gampang, gelas apa aja sama yg penting ukuran air sama). Ukuran airnya di gelas yg sama utk naker beras. πŸ“Œ 2 gelas beras + 2 Β½ gelas air + 100ml air (karena beras pulen)πŸ“Œ Klo beras perak kira2 tambahin 150ml air lg. Klo yg biasa pake jari gpp tinggal ditambah aja 100/150ml air lagi setelah itu. Klo sy bukan kaum ukur pake jari. Serasa gak sreg heheh..
  3. Boleh tambahin garam / santan sesuai selera dan ukuran/daun pandan. Kalo saya, saya skip. Gak pake apa2..
  4. Nunggu magic com nyetek sendiri.
  5. Kalo magic com udah nyetek sendiri langsung angkat nasi dr magic com. Jangan lama2 keburu nasi susah di tumbuk.
  6. Siapkan ulekan batu untuk tumbuk nasi yg baru matang.
  7. Tuang 100 ml minyak goreng agar gak lengket.
  8. Mumpung panas tumbuk pake ulekan terus sampe kira2 nasi seperti tekstur lontong. Cepet alus kok krn nasi baru mateng jd gampang ditumbuk. Saya sih tumbuk aja sekalian di tempat nasi bawaan magic comnya 😁.
  9. Sebelumnya siapkan daun pisang yg sudah dibakar agar gak mudah sobek.
  10. Biasanya setelah daun pisang dibakar, saya cuci daun pisangnya pake air. Dibasuh2. Takut ada kuman guys hehehe. Lalu di lap kering.
  11. Ambil nasi kira-kira 1Β½ kepalan tangan. Dibentuk sesuai bentuk lontong. Bungkus daun.
  12. Siapkan air mendidih di kompor utk rebus lontong.
  13. Masukkan lontong yg sudah dibungkus ke dalam air mendidih di kompor. Rebus selama 30 menit. Sebenernya asal daun sudah terlihat layu sudah bisa diangkat. Tp saya tunggu aja 30 menit agar lbh awet dan hijau daunnya meresep ke lontong. Karena kan lontong makin lama direbus makin awet (kata mamake) 😁.
  14. Lontong siap dimakan. Tunggu dingin. Kalo udah keburu laper rendem di air dingin sampe lontong bener2 dingin. Untuk hasil yg optimal setelah diangkat, dinginkan, langsung masukkan ke dalam kulkas. Makin lama di kulkas makin padet, kenyal dan awet kenyangnya..

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan lontong daun anti gagal untuk pemula, no ribet, hemat gas, cepet mateng, hasil mantap. masha allah yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *