Menu Wajib Lebaran

Resep Tepo / Lontong (bungkus daun) yang Enak Banget

Tepo / Lontong (bungkus daun).

Tepo / Lontong (bungkus daun)

Anda sedang mencari kreasi resep tepo / lontong (bungkus daun) yang enak? Cara memasaknya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal tepo / lontong (bungkus daun) yang sedap harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tepo / lontong (bungkus daun), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan tepo / lontong (bungkus daun) enak di mana pun anda berada, karena jika sudah tahu triknya maka menu ini dapat menjadi hidangan lezat.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah tepo / lontong (bungkus daun) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Tepo / Lontong (bungkus daun) memakai 6 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Tepo / Lontong (bungkus daun):

  1. Ambil 3 cup beras pulen (sekitar 500gr).
  2. Siapkan Secukupnya daun pisang.
  3. Siapkan Secukupnya lidi (tusuk gigi).
  4. Siapkan 2 lbr Daun pandan – optional.
  5. Ambil Secukupnya garam – optional.
  6. Ambil Secukupnya air utk merebus.

Cara membuat Tepo / Lontong (bungkus daun):

  1. Cuci beras kmdn rendam dgn air suhu ruang sekitar 1 jam. Tiriskan. Bila suka bisa ditambahkan sedikit garam, aduk rata..
  2. Jemur sebentar daun pisang spy layu dan mudah di bentuk. Lap / bersihkan kmdn potong 2 ukuran, yg besar utk bagian luar, yg kecil utk lapisan dalam..
  3. Siapkan semua bahan dan mulai membungkus..
  4. Ambil 1 lembar daun yg lebar, kmdn alasi dengan daun yg kecil (bagian hijau di dalam), kmdn bentuk pincuk, isi dengan 1 1/2 sdm – 2 sdm beras. Menyesuaikan dengan lebar daun. Isi beras sekitar 1/2 dari besar cetakan daun..
  5. Lipat bagian kiri dan kanan..
  6. Kemudian bagian atas dan bawah. Setelah semua tertutup, semat dengan lidi. Lakukan hingga semua selesai. Rapikan bungkus daunnya dengan gunting..
  7. Siapkan panci berisi air, masukkan bungkus Tepo ke dalam panci dengan posisi bagian yg runcing di bawah. Tata dengan rapi. Semua harus terendam air. Tambahkan daun pandan (boleh di skip). Nyalakan kompor dgn api kecil (spy daun pisang tidak pecah waktu pertama di rebus). Masak hingga mendidih. Setelah mendidih, hidupkan alarm, masak selama 5 menit, matikan api. Tutup rapat panci, biarkan selama 30 mnt, jangan dibuka tutupnya.
  8. Setelah 30 mnt, nyalakan kembali kompor dan masak lagi hingga air mendidih. Hidupkan alarm, masak selama 7 mnt, matikan api. Jangan dibuka tutupnya, biarkan saja sampai air dipanci dingin (sekitar 30mnt) Setelah itu angkat Tepo dan angin2kan/ditiriskan di saringan / tampah (lebih baik yg dari bambu spy bisa tiris dgn baik). Biarkan benar2 dingin dan tiris, baru dipotong spy Tepo benar2 set..
  9. Tepo siap disajikan dengan berbagai macam masakan..
  10. Note : 🔼Apabila disaat merebus Tepo airnya habis/menyusut, bisa ditambahkan lagi air panas. 🔼Kalau menginginkan Tepo/lontong bungkus daun yg pulen tanpa bulir nasi dan awet 2-3 hari di meja makan, sebaiknya dimasak di panci selama 3 – 4 jam. Sering di lihat, apabila air menyusut segera tambahin air panas, yg penting Tepo/lontong harus dalam kondisi selalu terendam air waktu di masak/rebus. Setelah itu tiriskan dengan baik (dimiringkan) spy air benar2 tiris sehingga Tepo tidak mudah basi. 😉.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan tepo / lontong (bungkus daun) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!