Menu Wajib Lebaran

Cara Gampang Menyiapkan Lontong hemat gas, Lezat Sekali

Lontong hemat gas.

Lontong hemat gas

Hallo Mommy lagi mencari kreasi resep lontong hemat gas yang sedap? Cara menyajikannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal lontong hemat gas yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah lontong hemat gas yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Lontong hemat gas menggunakan 23 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Lontong hemat gas:

  1. Siapkan 500 gr beras, cuci bersih dan tiriskan.
  2. Ambil 750 ml santan (65ml kara dicampur air sampai 750ml).
  3. Gunakan 1/2 sdm garam.
  4. Sediakan 1 batang sereh, geprek.
  5. Gunakan 2 lembar daun salam.
  6. Siapkan Daun pisang secukupnya untuk membungkus.
  7. Ambil Tali rafia untuk membungkus.
  8. Gunakan Bahan isian :.
  9. Siapkan 250 gr fillet ayam, cincang kasar/rebus dan suir2 (sesuai selera).
  10. Sediakan 250 gr wortel potong kotak.
  11. Ambil 250 gr kentang potong kotak, rendam di air.
  12. Ambil 250 gr buncis, potong kecil2.
  13. Siapkan 2 batang daun bawang iris2 halus.
  14. Gunakan 3 lembar daun salam.
  15. Ambil 2 batang sereh, geprek.
  16. Gunakan 1 ruas lengkuas, geprek.
  17. Ambil 1 buah kara ukuran 65ml.
  18. Sediakan sesuai selera Garam, royco, gula, micin, lada.
  19. Sediakan Bumbu halus :.
  20. Sediakan 5 butir bawang merah.
  21. Ambil 3 butir bawang putih.
  22. Sediakan 1 butir kemiri.
  23. Gunakan 15 buah cabe keriting merah.

Langkah-langkah membuat Lontong hemat gas:

  1. Siapkan wajan, masak beras+santan+garam+sereh+daun salam dengan api sedang. Aduk2 terus supaya ga ada yang gosong. Masak sampai santan menyerap di beras (ga usah terlalu kering, masih agak nyemek). Matikan kompor dan tunggu sampai agak dingin..
  2. Untuk bahan isian, panaskan minyak, tumis bumbu halus, sereh, daun salam dan lengkuas. Tumis sampai harum lalu masukkan ayam dan aduk2 sampai berubah warna. Masukkan kentang, wortel, buncis dan daun bawang. Aduk2 merata lalu tambahkan garam, royco, gula, micin, lada sesuai selera. Terakhir tambahkan santan dan aduk2, masak sampai matang dan meresap..
  3. Siapkan daun pisang yang sudah dibersihkan dan dipotong2 (lebih bagus dijemur sebentar / dipanaskan di atas kompor supaya daun agak layu jadi ga gampang sobek). Taruh 2 sdm nasi aron ke dalam daun pisang, tambahkan 1 sdm bahan isian, lalu tutup lagi dengan 1 sdm nasi aron, rapikan dan bungkus dan diikat dengan tali. Lakukan sampai habis..
  4. Siapkan panci untuk merebus, masukkan lontong ke dalam panci lalu isi dengan air secukupnya untuk merebus (sampai seluruh permukaan lontong tertutup air). Panaskan kompor dan masak sampai air mendidih. Kita akan menggunakan metode 5-30-7..
  5. Setelah air benar2 mendidih, tutup rapat panci dan masak selama 5 menit. Setelah 5 menit matikan kompor dan diamkan 30 menit. Setelah 30 menit, nyalakan kompor dan masak selama 7 menit. Setelah 7 menit matikan kompor dan tunggu 1 jam jangan dibuka2 tutup pancinya. Selama proses memasak tutup panci jangan dibuka2 dan pastikan benar2 rapat..
  6. Setelah 1 jam, buka tutup dan angkat lontong lalu tiriskan..
  7. Lontong siap disajikan.. Lontong hemat gas

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Lontong hemat gas yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *