Menu Wajib Lebaran

Resep Sirup Gula Asem Segar dan Praktis (Ide Jualan Ramadhan dan Lebaran) yang Menggugah Selera

Sirup Gula Asem Segar dan Praktis (Ide Jualan Ramadhan dan Lebaran).

Sirup Gula Asem Segar dan Praktis (Ide Jualan Ramadhan dan Lebaran)

Hallo Mommy lagi mencari ide resep sirup gula asem segar dan praktis (ide jualan ramadhan dan lebaran) yang lezat? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Andaikan salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sirup gula asem segar dan praktis (ide jualan ramadhan dan lebaran) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan sirup gula asem segar dan praktis (ide jualan ramadhan dan lebaran) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Sirup Gula Asem Segar dan Praktis (Ide Jualan Ramadhan dan Lebaran) menggunakan 5 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Sirup Gula Asem Segar dan Praktis (Ide Jualan Ramadhan dan Lebaran):

  1. Ambil 70 g Asam Jawa (tamarind) yang sudah dikupas.
  2. Ambil 250 g Gula Merah (boleh diganti / dicampur jenis gula lain).
  3. Ambil 250 ml air minum.
  4. Ambil Sejumput garam (atau sesuai selera).
  5. Ambil 0,5 g Natrium Benzoat (opsional, boleh pakai boleh tidak).

Cara menyiapkan Sirup Gula Asem Segar dan Praktis (Ide Jualan Ramadhan dan Lebaran):

  1. Masukkan 250 ml air ke dalam panci. Nyalakan api sedang..
  2. Masukkan 250 g gula merah yang sudah disisir..
  3. Aduk-aduk terus sampai gula larut sepenuhnya dalam air. Masukkan 70 g asam jawa yang sudah dikupas. Aduk-aduk sambil ditekan-tekan supaya daging dan sari buah asam larut dengan baik..
  4. Tambahkan garam supaya rasanya seimbang..
  5. Masak terus hingga mendidih, jika sudah mendidih kecilkan api dan masak lagi selama 2-5 menit (tergantung warna dan kekentalan yang diinginkan). Matikan api, kemudian tambahkan natrium benzoat (jika dirasa perlu). Aduk-aduk hingga merata..
  6. Tunggu hingga larutan mencapai suhu ruang, lalu simpan di kulkas selama 12 jam agar citarasanya lebih kuat..
  7. Setelah 12 jam, saring sirup lalu pindahkan ke wadah yang bersih dan steril..
  8. Untuk menikmati minuman gula asem yang nikmat, tambahkan satu bagian sirup gula asem dengan dua bagian air minum, tambahkan es batu bila perlu..

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat sirup gula asem segar dan praktis (ide jualan ramadhan dan lebaran) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *