Menu Wajib Lebaran

Cara Gampang Membuat Opor Ayam dan telur ala Lebaran, Menggugah Selera

Opor Ayam dan telur ala Lebaran.

Opor Ayam dan telur ala Lebaran

Bunda lagi mencari ide resep opor ayam dan telur ala lebaran yang enak? Cara memasaknya memang susah-susah gampang. Meskipun salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam dan telur ala lebaran yang sedap selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam dan telur ala lebaran, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan opor ayam dan telur ala lebaran enak di mana pun anda berada, karena jika sudah tahu caranya maka menu ini mampu jadi sajian nikmat.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan opor ayam dan telur ala lebaran sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Opor Ayam dan telur ala Lebaran menggunakan 18 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Opor Ayam dan telur ala Lebaran:

  1. Siapkan 1 1/2 kg Ayam.
  2. Ambil 10 biji Telur.
  3. Sediakan Fiber cream 8-10 sendok (bisa jga pake santan ya sesuai selera).
  4. Ambil Bumbu.
  5. Gunakan 1 buah Bawang bombang.
  6. Gunakan 15 biji Bawang merah.
  7. Sediakan 8 biji Bawang putih.
  8. Gunakan 10 biji Kemiri.
  9. Gunakan Tomat 1 buah yg besar.
  10. Siapkan 7-8 lembar Salam.
  11. Sediakan Sereh 2 batang yg besar.
  12. Sediakan 8 lembar Daun jeruk.
  13. Ambil 2 ruas jempol Lengkuas.
  14. Siapkan 2 ruas jempol Kunyit.
  15. Sediakan 1/2 ruas jempol Jahe.
  16. Ambil 1 bungkus Indofood opor ayam.
  17. Sediakan Gula/garam/merica.
  18. Ambil Kaldu jamur.

Cara membuat Opor Ayam dan telur ala Lebaran:

  1. Ayam dicuci bersih, kemudian digoreng setengah matang ya (tujuannya supaya ayam ga hancur saat dididihkan).
  2. Trus telur direbus sampai matang.
  3. Iris2 bawang Bombay, Kemudian blender bawang merah, putih, dan tomat. Kemiri di goreng dulu baru diulek bersama kunyit, kemudian satukan bumbu ini ya.
  4. Panaskan minyak panas ditambah margarin sesuai selera, masukan bawang Bombay setelah aga matang masukan bumbu tdi yg diulek dan diblend masukan sereh, lengkuas, jahe digeprek dan daun salam serta jeruk yg di remas2 dlu masak bumbu sampai asat ya (karena tadi bawang2 dan tomat aku blend pake air jadi bumbu harus smpe asat dan airnya habis) setelah asat baru masukan Indofood opor ayam (ini bikin opor lebih strong rasanya).
  5. Barulah masukan air panas ya (sepanci gede sih kalo aku) bumbui gula/garam (kalo aku selalu diakhir digareminnya)/merica/kaldu jamur) baru masukan ayam (karena ayam digoreng dlu jadi ga hancur saat dimasukan dalam kuah opor) dan juga masukan telur yg tadi sudah direbus.
  6. Setelah mendidih airnya meletup2 gitu, baru masukan fiber cream yg sebelumnya aku larutkan dalam segelas air. Setelah itu beri garam tes rasa, jadi deh opor ayamnya, dan ini enak banget 🤤.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Opor Ayam dan telur ala Lebaran yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *